Thursday, December 9, 2021

LRM E-2 Work

Gambar di atas memperlihatkan perubahan definisi entitas “Work” dalam LRM jika dibandingkan definisi aslinya pada FRBR. Penambahan kata "content of" membuat definisi entitas "Work" menjadi lebih spesifik yang tidak hanya hanya hasil karya secara utuh tetapi juga konten dari sebuah hasil karya. Ide pemikiran ini sebenarnya telah digunakan RDA untuk mendefinisikan entitas “Work”, yaitu dengan mengubah kata “creation” menjadi “content.”

Baik LRM maupun RDA sama-sama mempertahankan gagasan tentang “hasil karya yang berbeda” (a distinct creation) untuk menjelaskan bahwa sebuah "Karya" harus unik dan berbeda dari karya yang lainnya. Konsep ini berbeda dengan BIBFRAME di mana  penyebutan frase "resource reflecting a conceptual essence” (sumber daya mencerminkan esensi konseptual” adalah penggabungan konsep “Work” dan “Expression”. 

Dalam BIBFRAME, konsep “Expression” FRBR dipetakan ke dalam konsep “Work” dan keduanya merupakan satu kesatuan. Konsep ini memposisikan sebuah hasil karya dalam BIBFRAME sebagai tingkat abstraksi yang paling tinggi. Hasil karya dalam pengertian BIBFRAME mencerminkan esensi konseptual dari bahan yang dikatalog, antara lain penulis, bahasa, dan subjek. Hal ini disebabkan karena BIBFRAME didesain sebagai transisi  dari format MARC21 ke format deskripsi bibliografi berbasis linked data sehingga kombinasi ini memungkinkan transisi  dari format yang tidak berdasarkan WEMI menjadi lebih mudah.

1 comment:

  1. Informasi lain terkait konsep FRBR dan bibliografi dapat ditemukan pada link berikut ini: https://www.lib.unair.ac.id/

    ReplyDelete