Wednesday, October 6, 2010

Elemen-elemen dalam Functional Requirements for Bibliographic Standard (FRBR)

Ada beberapa elemen yang diasosiasikan dengan Functional Requirements for Bibliographic Standard (FRBR). Jika dalam konsep FRBR ini disebut sebagai "attributes", maka pada RDA istilah yang dipakai adalah "elemen".



Sebuah resource memiliki attributes utama antara lain, judul dan tanggal pembuatan jika diketahui, serta identifier-identifier lainnya. Untuk expression, yang merupakan hasil penerjemahan atau versi lain memiliki attributes yang menjelaskan form (type of content) serta unsur pembentuknya, seperti teks, suara, gambar, bahasa atau dan juga informasi mengenai suatu performance, kapan dan di mana terjadinya, dan seterusnya.

Rekaman dari sebuah performance atau hasil penerbitan penerjemahan (translasi) ke bahasa lain disebut sebagai manifestation. Manifestation penting bagi perpustakaan karena berisi deskripsi bibliografi atau metadata dari sebuah resource. Attributes manifestation menjelaskan informasi tentang resource itu sendiri, seperti penerbit, tempat terbit, tahun terbit, ukuran, dan lain sebagainya.

Sedangkan copy dari manifestation disebut sebagai item. Attributes atau informasi yang menjadi ciri sebuah item antara lain, lokasi penyimpanan, call number, pemilik, barcode, termasuk informasi lain yang digunakan untuk keperluan inventarisasi.

No comments:

Post a Comment